Pemahaman Menurut Tighe dan Wiggins
Kurikulum Merdeka tidak hanya menganut teori Taksonomi Bloom dan Anderson, tetapi juga menganut teori yang dikembangkan oleh Tighe dan Wiggins (2005) yaitu Understanding by Design (UbD).
Tighe dan Wiggins (2005) menjelaskan enam bentuk pemahaman (understanding). Pemahaman adalah proses berpikir tingkat tinggi, bukan sekadar menggunakan informasi untuk menjelaskan atau menjawab pertanyaan. Hal ini berbeda dengan taksonomi Anderson bahwa pembahaman adalah berpikir tingkat rendah (C2). Menurut Tighe dan Wiggins, pemahaman dapat ditunjukkan melalui kombinasi dari enam kemampuan berikut ini:
Tighe dan Wiggins (2005) menjelaskan enam bentuk pemahaman (understanding). Pemahaman adalah proses berpikir tingkat tinggi, bukan sekadar menggunakan informasi untuk menjelaskan atau menjawab pertanyaan. Hal ini berbeda dengan taksonomi Anderson bahwa pembahaman adalah berpikir tingkat rendah (C2). Menurut Tighe dan Wiggins, pemahaman dapat ditunjukkan melalui kombinasi dari enam kemampuan berikut ini:
1. Penjelasan (explanation)
2. Interpretasi
3. Aplikasi
4. Perspektif
5. Empati
6. Pengenalan diri atau refleksi diri
Penjelasan dari ke-enam unsur pemahaman menurut Tighe dan Wiggins adalah sebagai berikut: