Perbedaan Model, Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik dalam Pembelajaran
Apa bedanya model, metode, teknik, pendekatan dan strategi pembelajaran? Memang sekilas semuanya nampak sama, padahal tentu saja ada perbedaannya.
Meski demikian, tidak banyak pendidik dan pengajar yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam perihal definisi dari model, metode, teknik, pendekatan dan strategi pembelajaran.
Justru mereka yang tertarik dalam menyelami serta memahami istilah-istilah itu adalah:
- Mahasiswa yang akan membuat skripsi jurusan FKIP.
- Mahasiswa yang akan membuat penelitian.
- Dosen yang ingin menulis buku.
- Mentor lembaga pelatihan guru.
- Pemerhati pendidikan independen.
Padahal tentu saja yang harusnya paham dan mengerti betul adalah guru. Dengan memahami semuanya itu beserta contoh-contohnya, diharapkan para guru mampu menjaga kualitas proses belajar mengajar yang mereka lakukan di sekolah.
Dalam rangka menyelenggarakan pembelajaran, penting bagi guru untuk mengetahui definisi dari model, metode, teknik, pendekatan dan strategi pembelajaran. Hanya mengandalkan pengalaman mengajar tentu saja tidak cukup, terlebih jika ingin dikatakan sebagai guru profesional.
Untuk itu dalam artikel kali ini, Ruang Edukasi akan membahas perihal pengertian dan perbedaan dari istilah-istilah pedagogis tersebut. Kami sangat berharap artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua, baik guru maupun calon guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan.
Jadi, ketika membahas mengenai model, metode, teknik, pendekatan dan strategi pembelajaran, dari mana kita harus memulai?
Tentu saja dari pemahaman bahwasanya teori dan praktik harus berjalan secara beriringan demi tercapainya sebuah pembelajaran dan proses belajar mengajar yang terarah.
Semua uraian ini tidak akan bermanfaat bila hanya dihafalkan semata namun tidak diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar atau keseharian Anda di kelas.
Justru semua bahasan ini HARUS digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang nantinya bermuara pada lebih termotivasinya siswa dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya dalam mengelola kelas.
Perbedaan dari masing-masing istilah tersebut tidak terlalu signifikan dan sering tertukar. Bahkan di artikel yang dipublish oleh media maupun hand-out seminar.
Kami berharap setelah membaca artikel ini akan menambah wawasan Anda di bidang pedagogi, psikologis, akademis, dan tentu saja edukasi sehingga melahirkan berbagai variasi baru serta inovasi di bidang pendidikan.
Dalam artikel ini, akan membahas perihal definisi dan perbedaan dari:
- Model Pembelajaran (Learning Model)
- Metode Pembelajaran (Learning Method)
- Strategi Pembelajaran (Learning Strategy)
- Teknik Pembelajaran (Learning Technique)
- Pendekatan Pembelajaran (Learning Approach)
Model Pembelajaran (Learning Model)
Apa yang dimaksud dengan model pembelajaran? Ternyata masih banyak guru dan praktisi pendidikan yang belum mengetahui definisi dari model pembelajaran.
Model pembelajaran adalah sebuah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir pembelajaran yang disusun oleh fasilitator pendidikan atau guru.
Dapat dikatakan model pembelajaran adalah bingkai atau bungkus dari pelaksanaan suatu metode, pendekatan dan teknik pembelajaran. Memang pada dasarnya istilah model pembelajaran ini memiliki makna yang jauh lebih luas daripada metode, strategi dan teknik pembelajaran.
Contoh:
- Discovery Learning
- Inquiry Learning
- Problem Based Learning
- Project Based Learning
Metode Pembelajaran (Learning Method)
Metode pembelajaran adalah suatu cara atau proses penyampaian materi dan pengetahuan yang disusun secara sistematis serta terukur kepada peserta didik dalam suatu kegiatan belajar mengajar demi mencapai tujuan tertentu yang sudah ditetapkan.
Contoh:
- Ceramah
- Diskusi
- Demonstrasi
- Dll
Strategi Pembelajaran (Learning Strategy)
Strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan dan pelaksaan yang bersifat sistematis untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran.
Contoh:
- Exposition Discovery Learning
- Group Individual Learning
Pendekatan Pembelajaran (Learning Approach)
Pendekatan Pembelajaran merupakan sudut pandang atau titik tolak guru terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan akan terjadinya proses yang sifatnya masih sangat umum, didalamnya mewadahi, menguatkan menginspirasi dan melatari metode dalam suatu pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.
Contoh:
- Student Center
- Teacher Center
Macam-macam Pendekatan Pembelajaran
Macam-macam pendekatan pembelajaran digunakan untuk menunjang keberlangsungan dari kurikulum. Pendekatan pembelajaran yang sering digunakan kurang lebih ada 10 macam yaitu:
- Kontekstual dikenal dengan nama Contextual Teaching and Learning (CTL)
- Konstruksivisme
- Deduktif
- Induktif
- Konsep
- Proses
- Open - Ended
- Saintifik
- Realistik
- Sains, Teknologi dan Masyarakat
Teknik Pembelajaran (Learning Technique)
Teknik Pembelajaran adalah langkah-langkah yang ditempuh dalam metode untuk mengelola kegiatan pembelajaran. Teknik pembelajaran adalah implementasi dari metode dan jabaran operasional dari metode pembelajaran.
Slide Perbedaan Model, Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik dalamPembelajaran dapat di akses dengan meng KLIK DISINI
Download file PDF silahkan KLIK DISINI