Analisis CP (Capaian Pembelajaran)

0

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian Pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri atas satu fase, yaitu fase Fondasi.

Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase, yaitu fase A hingga fase F, yang meliputi seluruh mata pelajaran di jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C), sesuai dengan pembagian berikut:
Fase dan Jenjang/Kelas
  • Fase A: Kelas 1-2 SD/MI/SDLB/Paket A
  • Fase B: Kelas 3-4 SD/MI/SDLB/Paket A
  • Fase C: Kelas 5-6 SD/MI/SDLB/Paket A
  • Fase D: Kelas 7-9 SMP/MTs/SMPLB/Paket B
  • Fase E: Kelas 10 SMA/MA/SMALB/Paket C, SMK/MAK
  • Fase F: Kelas 11-12 SMA/MA/SMALB/Paket C, SMK/MAK
Murid berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Sementara itu, murid berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual dapat menggunakan CP umum dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum.


Sebagai gambaran tentang analisis CP dapat dibaca modul berikut:



Contoh analisis CP adalah sebagai berikut:

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top