Pada RPP biasa, dalam satu pembelajaran, tidak ada perbedaan konten, proses, maupun produk yang akan dipelajari bersama siswa, sedangkan pada RPP berdiferensiasi, terdapat perbedaan-perbedaan terkait konten yang akan disajikan guru, proses pembelajaran, dan produk pembelajarannya.
Apa itu RPP yang berdiferensiasi?
RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang berlandaskan hasil pemetaan profil belajar siswa.
Langkah langkah dalam membuat RPP berdiferensiasi?
Berikut beberapa langkah membuat RPP adaptif dalam pembelajaran berdiferensiasi.
Analisis KD (Kompetensi Dasar)
Pemetaan.
Menentukan Strategi Pembelajaran
Membuat Kegiatan Pembelajaran.
Refleksi.
Bagaimana cara menerapkan pembelajaran berdiferensiasi?
Untuk dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, hal yang harus dilakukan oleh guru antara lain: Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek, yaitu: kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid (bisa dilakukan melalui wawancara, observasi, atau survey menggunakan angket, dll).
Apa yang dimaksud dengan berdiferensiasi?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “diferensiasi” berarti “pembedaan.” Nah, dapat kita simpulkan bahwa “berdiferensiasi” artinya beragam, berbeda, bervariasi, atau setidaknya tidak sama. Perlu disadari bahwa perbedaan memang selalu ada dalam kehidupan kita.
Apa tujuan pembelajaran berdiferensiasi?
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi.
Langkah awal pembelajaran berdiferensiasi?
Langkah-langkah persiapan yang perlu dilakukan agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan efektif antara lain: (1) menentukan tujuan pembelajaran; (2) memetakan kebutuhan belajar murid (kesiapan belajar, minat, profil belajar; (3) menentukan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan; dan (4) menentukan ...
Apa saja pembelajaran diferensiasi?
Ada tiga strategi pembelajaran diferensiasi yang dapat dilakukan, yaitu:
Pembelajaran diferensiasi konten.
Pembelajaran diferensiasi proses.
Pembelajaran diferensiasi produk.
Manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdiferensiasi?
Pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdeferensiasi adalah pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar kita dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
Apa kelemahan pembelajaran berdiferensiasi?
Kelemahan dalam model pembelajaran diferensiasi yaitu memerlukan guru dengan kemampuan pengelolaan kelas yang baik serta penguasaan materi yang luas, serta kemampuan IT dalam membuat konten pembelajaran untuk siswa, oleh karena itu perlunya meningkatkan kompetensi guru untuk meningkatkan pembelajara di kelas.
Apa yang menjadi prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi?
Pembelajaran berdiferensiasi memiliki pandangan bahwa setiap peserta didik seharusnya diberikan kesempatan untuk belajar sesuai dengan dirinya.
Apakah pembelajaran diferensiasi termasuk model pembelajaran?
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu model pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan siswa. Dengan kata lain, model pembelajaran ini akan memberikan keleluasaan kepada siswa untuk meningkatkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat yang dimilikinya, dan profil belajar siswa tersebut.
Apa metode diferensiasi?
Metode Pembelajaran diferensiasi merupakan pembelajaran yang memperhatikan tiga aspek kebutuhan belajar murid yakni kesiapan belajar, minat serta profil belajar. Kesiapan belajar terkait dengan keterampilan dan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh murid.
Bagaimana cara guru menyikapi peserta didik dengan karakteristik yang berbeda-beda?
Salah satu sikap guru menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda adalah dengan menyampaikan apa yang Anda pikirkan dengan cara interaksi yang baik dan tidak melukai hati anak-anak.
Mengapa seorang guru perlu menguasai teknik pembelajaran berdiferensiasi?
Tujuan pembelajaran berdiferensiasi untuk membantu setiap murid tumbuh semaksimal mungkin sesuai kemampuannya. Dengan demikian guru akan berusaha mengetahui perkembangan setiap muridnya dan perkembangan kelasnya secara keseluruhan. Murid juga akan belajar memaknai pertumbuhan mereka sendiri.
Apa itu diferensiasi konten, proses dan produk?
1. Diferensiasi konten, yakni jenis muatan atau konten apa yang akan diajarkan guru kepada siswa. 2. Diferensiasi proses, yaitu proses yang mengacu pada bagaimana siswa akan memahami apa yang mereka pelajari. 3. Diferensiasi produk, yakni hasil pekerjaan siswa setelah mempelajari materi pelajaran.
Apa yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid?
Berikut cara identifikasi kebutuhan belajar siswa yang perlu dilakukan para guru sebelum memulai kegiatan belajar mengajar.
Mengamati perilaku murid.
Mengidentifikasi Pengetahuan Awal.
Menggunakan Berbagai Bentuk Asesmen Formatif.
Apa perbedaan RPP dan modul ajar?
Perbedaan Modul Ajar dan RPP berikutnya adalah acuan yang digunakan. Modul Ajar mengacu pada Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran, sedangkan RPP dikembangkan dari silabus.
Apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi?
Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
Apa saja indikator keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi?
Indikator keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi diantaranya siswa merasa nyaman dalam belajar, adanya peningkatan keterampilan baik segi hard skill atau soft skill, dan adanya kesuksesan belajar dari seorang murid yaitu murid mampu merefleksikan diri kemampuannya dimulai dari titik awal pembelajaran sampai akhir.
Modul Menyusun RPP Berdiferensiasi dapat KLIK DISINI
Contoh RPP Berdiferensiasi dan KSE KLIK DISINI